Diberdayakan oleh Blogger.

Sabtu, 19 Januari 2013

SDN 33 Sungai Ulak I, Nalo Tantan, Kurang Anggaran




BOS Belum Cair Program Sekolah Tertunda

MARDANI

BANGKO-Beberapa program peningkatan mutu pendidikan yang direncanakan pihak sekolah di Kabupaten Merangin, kemungkinan akan tertunda. Pasalnya, dana BOS yang biasanya dicairkan awal Januari, hingga saat ini belum ada kejelasannya. Sehingga sekolah yang mengantungkan dana operasional kegiatannya, dari dana BOS tidak bisa menjalankan program yang sudah direncanakannya.
Seperti diungkapkan Kepala SDN 33 Mardani, mengaku jika akhir bulan ini dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) belum dicairkan,  maka pihak sekolah akan kesulitan menjalankan program yang ada.
Menurut Mardani, pencairan pertriwulan dana BOS setiap bulan Januari, April, Juli dan Oktober, dicairkan paling lama tanggal sembilan. Namun hingga saat ini belum ada laporan bahwa dana BOS kapan dicairkan. Hal itu mempersulit gerak pihak sekolah menjalankan program yang telah direncanakan.
‘’Biasanya setiap tanggal Sembilan dana BOS sudah dicairkan. Namun hingga sekarang belum ada dan kita juga tidak tau kapan dana BOS tersebut dicairkan,” katanya.
Dijelaskannya, dengan adanya dana BOS  sangat membantu kegiatan sekolah untuk membantu biaya operasional  seperti pembayaran listrik, air, pengadaan alat tulis kantor (ATK) dan lainnya.
Dilanjutkannya, pihak sekolah berencana akan mengadakan belajar tambahan bagi siswa kelas VI yang akan menghadapai Ujian Nasional (UN). Untuk itu diperlukan anggaran dana yang tidak sedikit. Namun karena pendanaan belum juga dicair,  maka rencana tersebut terpaksa tertunda.
‘’Kita ingin dari awal mempersiapkan siswa semaksimal mungkin menghadapi UN. Seperti penambahan jal belajar les sore, try out dan lainnya. Namun karena belum ada dananya maka akan kita tunda pelaksanaan itu,” terangnya.
Bahkan pihak Dinas Pendidikan (Disdik) Merangin, ketika dikonfirmasi Koran ini, mengaku belum mendapatkan laporan  mengenai pencairan dana BOS dari Disdik Provinsi. Dan sebab itu juga pihaknya belum menginformasikan ke pihak sekolah.
‘’Memang belum ada laporan kapan pencairan dana BOS triwulan ini. Jika telah kita terima langsung kita informasikan ke sekolah,” ujar Amirudin, Manager dana BOS Disdik Merangin.
Dijelaskannya, ketika diberikan informasi pencairan BOS, pihak sekolah sendiri yang langsung mengambilnya, tanpa ada perantara dari Disdik Merangin.
‘’Dana BOS itu langsung masuk ke rekening sekolah, kita hanya menerima laporan pengelolaannya saja,” tutup Amiruddin.(top)

0 komentar:

Posting Komentar