Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 21 Februari 2013

SMP 31 Merangin gelar Supervisi




Tiga SMP gelar Rapat Supervisi Kelas

SUPERVISI : Tampak beberapa Kepala Sekolah dan perwakilan guru SMP tengah mengikuti rapat Supervisi Kelas, Kamis (21/2) kemarin di SMPN 31 Merangin.

BANGKO-Tiga Sekolah Menengah Pertama (SMP) di kecamatan Tiang Pumpung yakni SMPN 31 Merangin, SMPN 52 Merangin dan SMP Satu Atap melaksanakan rapat Supervisi kelas. kegiatan itu bertempat di SMPN 31 Merangin desa Sekancing Kecamatan Tiang Pumpung, Kamis (21/2) kemarin.
Dalam pertemuan itu dibahas metode pembelajaran serta kompetensi dasar dan indicator peningkatan mutu pendidikan khususnya tingkat SMP, juga langkah pembelajaran dan cara memotivasi siswa untuk bisa lebih semangat mengikuti Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).
Kepala SMPN 31 Merangin, Dedi Suharto mengatakan, dengan adanya pertemuan supervisi kelas ini pihak sekolah bisa saling sharing. Apa lagi guru sebagai ujung tombak pelaksanaan pendidikan di sekolah harus senantiasa menyiapkan dan mencari upaya agar siswanya berkembang secara optimal.
‘’Supervisi ini adalah pengawasan internal sekolah untuk pengembangan siswa. Dengan supervisi sebagai alatnya akan mampu mengontrol pelaksanaan pembelajaran di kelas, itulah gunanya,” Kata Dedi.
Dia menjelaskan, prosedur pelaksanaan supervisi kelas dilaksanakan dalam beberapa tahap yakni persiapan, pelaksanaan, pelaporan dan tindak lanjut.
‘’Untuk itu kita diskusi mencari solusi bersama, sosialisasi hasil kunjungan kelas, dan komunikasi khusus dengan guru. Upaya pokok yang harus diperhatikan adalah memahami dan memecahkan masalah KBM dan membantu guru menyelesaikan masalah tersebut,” terangnya.
Diungkapkannya untuk lebih memantapkan program supervisi maka pihak sekolah harus bisa memberikan contoh positif seperti personal guru datang lebih pagi, masuk kelas bersama, disiplin dan lainnya. ‘’Jika hasil supervisi banyak masalah yang ditemukan maka sama-sama kita cari solusinya,” pungkasnya.(top)

0 komentar:

Posting Komentar