Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 26 Februari 2013

SDN 62 Bedeng Rejo Swadaya Bangun WC



SWADAYA : Tampak siswa SDN 62 saat hendak menggunakan sarana toilet sekolah hasil swadaya masyarakat.

BANGKO-Karena jarang mendapatkan bantuan dari Dinas Pendidikan (Disdik) Merangin, SDN 62 Bedeng Rejo Kecamatan Bangko Barat membangun sendiri sarana Water Close (WC) hasil swadaya masyarakat.
Kepala SDN 62, Rosmiana mengatakan pembangunan WC secara swadaya itu merupakan hasil rembuk pihak sekolah beserta komite dan masyarakat desa yang ingin sekolah tersebut lengkap. Apalagi khususnya sarana WC merupakan salah satu sarana yang vital di sekolah.
‘’Jika tidak ada WC maka kita akan kesulitan, maklumlah itukan sarana yang memang harus ada ,” katanya.
Dijelaskannya, saat ini pihak sekolah dan masyarakat hanya mampu membangun dua unit WC untuk menampung 155 orang siswa dan Sembilan orang guru. Menurut penuturan pihak sekolah jumlah itu masih kurang karena jika pada saat bersamaan ada yang ingin menggunakannya maka harus ada yang mengalah.
‘’Jika suatu saat ada beberapa orang yang ingin menggunakan fasilitas itu maka harus ada yang mengalah,” ungkapnya.
Kedepannya pihak sekolah akan mengajukan kembali pembangunan beberapa unit WC agar kenyamanan siswa maupun guru dilingkungan sekolah.
‘’Lokasi sekolah cukup jauh dari rumah warga. Sehingga jika WC penuh maka yang tidak kebagian harus rela meminjam ke tetangga dengan menempuh jarak yang tidak pendek” tuturnya. ‘’Selain itu dengan adanya WC merupakan suatu keharusan mencerminkan lingkungan yang sehat,” tambahnya.
Ketikan ditanyakan berapa total nilai pembangunan WC itu, Rosmiana tidak menjawabnya karena pembangunan WC telah dilaksanakan kepala sekolah sebelum dirinya.
‘’Saya baru disini, jadi informasi pembangunan WC secara swadaya itu juga saya dapatkan dari para guru disekolah ini. Yang jelas program kami saat ini adalah berupaya meminta tambahan unit WC lagi dan juga sarana prasarana lainnya ke Disdik Merangin,” pungkasnya.(top)

0 komentar:

Posting Komentar