Diberdayakan oleh Blogger.

Sabtu, 09 Februari 2013

Penerapan Kurikulum di Merangin, Tunggu Sosialisasi Pusat



PELATIHAN : Pelatihan KTSP Kabupaten Merangin beberapa waktu lalu.

BANGKO-Ramainya diperbincangkan perubahan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) menjadi Kurikulum 2013 belakangan ini, disambut positif oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Merangin.
Sambutan positif itu karena didalamya lebih mengutamakan nilai prilaku, nilai kepribadian, budi pekerti luhur atau lebih dikenal dengan pendidikan karakter yang bermartabat. Selain itu kurikulum baru ini juga mempermudah kinerja guru.
Kepala Disdik Merangin, Akhmad Bastari melalui Kasi Pembinaan SD, Cecep Arken mengatakan pada intinya perubahan kurikulum lebih mengarahkan mempermudah kinerja guru, karena selama ini guru cukup dibebani dengan permasalahan administrasi sehingga waktu tatap muka dengan siswa terbatas.
‘’Salah saru inti kurikulum 2013 itu segala administrasi seperti silabus, RPP telah disiapkan dari pusat. Jadi guru bertugas mengajar langsung ke siswa tanpa dibebani,” katanya, jum’at (8/2) kemarin di Disdik Merangin.
Sementara itu untuk kabupaten Merangin sendiri pihak Disdik belum tahu secara persis kapan bisa disosialisasikan karena harus menunggu dari pusat.
‘’Kemungkinan besar pada bulan Juni akan ada sosialisasi di pusat. Dan diperkirakan pada bulan Juli kita melaksanakan sosialisasik kembali di Merangin ini,” imbuhnya.
Dia juga mengaku belum mengetahui persis sistim sosialisasi kurikulum 2013 tersebut. Menurut Cecap sosialisasi bisa dilaksanakan dalam dua sistim yakni mengirimkan perwakilan guru ataupun pegawai Disdik ke pusat atau mendatangkan tutur ahli dari pusat ke Merangin yang akan menyampaikan materi kurikulum tersebut.
‘’Bisa jadi kita yang mengirim personal ke pusat untuk dilatih, dan bisa juga pihak pusat yang mengirimkan tutor atau master teacher yang akan memaparkan materi kurikulum baru itu,” jelasnya.
Cecep juga menjelaskan setelah penyampaian materi kurikulum 2013 diterima Dinas Pendidikan Merangin maka Disdik akan memaparkannya kembali kepada perwakilan sekolah. Setelah itu akan diadakan sosialisasi perwilayah / kecamatan yang ada di Merangin ini.
‘’Mulai berlaku kurikulum 2013 ini pada awal tahun ajaran baru 2013/2014 mendatang,” pungkasnya.(top)

0 komentar:

Posting Komentar