Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 07 Februari 2013

Merangin Ekspres goes to campus




Pimpred ME Beri Materi Pembekalan Praktik Journalis

MATERI : Pimpred Merangin Ekspres menyampaikan materi azas, tujuan dan mamfaat prkatik jurnalistik, dihadapan mahasiswa STKIP YPM Bangko


BANGKO-Puluhan mahasiswa STKIP YPM Bangko, kemarin Rabu (6/2), mengikuti acara pembekalan paraktik Journalistik yang digelar oleh pihak panitia. Untuk materi yang berkaitan dengan jurnalistik, pihak kampus mengundang sejumlah media lokal yang ada di kabupaten Merangin. Termasuk salah satunya adalah Merangin Ekspres.
 Seperti untuk pembekalan materi Asas, Fungsi dan Tujuan Praktik Jurnalistik misalnya, pihak paniti mengundang Pimpinan Redaksi Merangin Ekspres (ME), Abdul Jabar.
Acara yang digelar di kampus II STKIP YPM Bangko, Talang Kawo kemarin, Pimpred ME, Abdul Jabar, menjelas tetang tugas dan fungsi seorang jurnalis. Hal ini bertujuan untuk member pemahaman kepada mahasiswa semeseter VI, Program Study Pendidikan Bahasa Indonesia, yang akan mengikuti praktek jurnalis, mulai 7 Februari hingga pertengahan Maret 2013. 
‘’Jurnalis atau yang lebih dikenal dengan wartawan, itu adalah profesi seseorang yang bekerja di perusahaan pers,” katanya.
Selain itu, Ia juga menjelaskan tetang pengertian wartawan, seperti yang telah diatur dalam Undang Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang pers. Dikatakannya, bisa dikatakan seseorang itu adalah jurnalis atau wartawan, apabila seseorang itu menjalankan tugas jurnalisme secara teratur. Dan apa bila tugas jurnalisme tidak dilakukan secara teratur, maka seseorang tidak bisa dikatakan sebagai jurnalis atau wartawan. ‘’Jadi agar diketahui, bahwa tugas seorang wartawan itu jelas,” katanya.
 Acara yang berlangsung lebih kurang selama satu jam itu, dikuti oleh puluhan mahasiswa. Sementara dilain tempat juga berlangsung acara pembekalan bidang prektik kehumasan dan praktik perpustakaan.
Menurut salah seorang panitia, Janiko, untuk praktek Jurnalistik bagi mahasiswa prody Pendidikan Bahasa Indonensia, baru kali ini digelar. Menurut rencananya, puluhan mahasiswa itu akan dibagi dalam beberapa kelompok, dan akan ditempatkan di Kabupaten Merangin dan beberapa kabupaten terdekat. ‘’Untuk di Merangin ada yang di Merangin Ekspres, Radar Sarko, dan ada juga yang ditempatkan di Muara Bungo. Ini pertama kali diadakan praktik jurnalistik,” Pungkasnya.(top)

0 komentar:

Posting Komentar