Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 26 Desember 2012

TNKS Merangin



TNKS Gelar Lukis Bareng

Salah satu seniman Merangin saat menggoreskan palet di media lukis.
BANGKO-Bertempat di Biduk Amo Pasar Bawah Bangko, Sabtu (22/12) kemarin, Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) Merangin menggelar kegiatan Melukis Bareng yang diikuti oleh siswa, seniman dan masyarakat umum lainnya.
Kegiatan yang bertema “TNKS Sebagai Warisan Dunia” tersebut diharapkan bisa memberikan suatu ajang maupun wadah berkesenian bagi masyarakat khususnya siswa yang ada di Merangin ini menyalurkan pendapat mereka tentang TNKS.
‘’Pesertanya mayoritas siswa di Merangin, untuk jumlahnya empat orang dari SD, Delapan orang siswa dari SMP dan enam orang dari SMA, sementara itu ada dua orang dari seniman Merangin, dan satu lagi dari masyarakat umum,” Ungkap Koordinator Kegiatan, Aan.
Dijelaskan Aan, tujuan kegiatan melukis bersama tersebut adalah memberikan pendidikan secara tidak langsung kepada masyarakat betapa besar pengaruh TNKS terhadap Indonesia maupun dunia. Karena jika kawasan TNKS tidak dilindungi maka cuaca maupun iklim di dunia terjadi ketidak seimbangan.
‘’Kita ingin memberikan informasi kepada masyarakat dalam format media kesenian. Dengan kesenian ini diharapkan masyarakat bisa menilai sendiri betapa pentingnya kita menjaga kawasan TNKS agar iklim di dunia ini tetap  berimbang,” tuturnya.
Menggait siswa maupun seniman di Merangin sebagai media penyampaian informasi kepada Masyarakat bukan kali pertama ini dilakukan oleh pihak TNKS. Sebelumnya pada Akhir Sebtember 2011 lalu pihak TNKS juga pernah bekerjasama dengan seniman rupa dan siswa melukis tembok di bukit Aur dengan tema “selamatkan harimau”
‘’Kegiatan ini merupakan yang kedua kami laksanakan. Sebelumnya pernah juga kita laksanakan melukis bareng di kawasan bukit Aur Bangko tahun lalu,” Katanya.
Sementara itu, ketika ditanyakan tindak lanjut karya yang telah dibuat oleh peserta tersebut, Aan mengatakan semua karya yang dihasilkan akan disimpan oleh pihak TNKS untuk keperluan promosi maupun himbauan kepada masyarakat.
Aan juga menginformasikan kegiatan tersebut bukanlah lomba, namun hanya kegiatan melukis bareng saja. Semua peserta yang mengikuti kegiatan selama satu hari penuh tersebut diberikan piagam penghargaan, uang saku dan piala.
‘’Nanti karya-karya siswa maupun seniman akan kita bingkai yang rapi. Lalu akan kita pamerkan kepada masyarakat. Namun tepatnya pelaksanaan maupun lokasi pameran belum bisa kita informasikan mengingat pengaturan jadwal belum ditetapkan,” Pungkasnya.(top)

0 komentar:

Posting Komentar