Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 06 Desember 2012

Minim Sarana, SD 41 Mengeluh


Berharap Sentuhan Dari Pemerintah

BANGKO-Penomena potret buram dunia pendidikan di Merangin terlihat di Sekolah Dasar (SD) 41 Merangin, yang berada di Desa Tanjung Tabir, Kecamatan Tabir.   Selain kekurangan sarana dan prasarana, SD ini ternyata juga rawan banjir jika hujan melanda.
        Saat ini, SD tersebut dihuni oleh 272 siswa dengan pembagian delapan rombongan belajar. Sayangnya, Rombel ini harus mengisi enam ruang belajar saja.
Kepala SD 41, Jawariah saat dibincangi Kamis (29/11) kemarin mengaku saat ini sekolah tersebut memiliki delapan rombongan belajar (Rombel) namun jumlah lokal yang tersedia hanya ada enam kelas.
‘’Kita kekurangan dua lokal lagi,” katanya.
Dijelaskan Jawariah, karena kekurangan dua lokal tersebut maka pihak sekolah mengadakan kerjasama dengan pihak madrasah yang berada didekat SD 41. Oleh pihak Madrasah, siswa kelas satu dipersilahkan melaksanakan aktivitas belajar mengajar di ruang madrasah tersebut.
‘’Untungnya ada madrasah yang belajar nya pada siang hari. Jadi siswa kita bisa memanfaatkan ruangnya,” katanya lagi.
Meningkatnya jumlah siswa yang belajar disekolah tersebut menurut Jawariah karena saat ini masyarakat telah menyadari artinya pendidikan. Sehingga mereka berusaha agar anak-anak mereka menimba ilmu pendidikan.
‘’Kalau dulu mungkin jumlah siswanya sedikit, jadi ruang yang ada hanya ada enam. Namun zaman sekarang ini sudah maju. Masyarakat ingin menyekolahkan anaknya. Karena itulah setiap tahunnya jumlah siswa meningkat. Jadi harus ada perhatian tambahan ruang kelas lagi,” tuturnya
Selain itu, SD 41 juga tidak memiliki ruang guru dan gedung perpustakaan. Kedepannya Jawariah sangat berharap adanya perhatian pemerintah merangin melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Merangin agar bisa memperhatikan sekolahnya.
‘’Kita sangat berharap agar tahun depan sekolah kita termasuk sekolah yang terdata menerima bantuan. Baik yang bersumber dari APBD maupun APBN. Semua itu agar pelaksanaan kegiatan belajar mengajar disekolah kami bisa lebih maksimal lagi,” tutupnya.(top)

0 komentar:

Posting Komentar