Diberdayakan oleh Blogger.

Minggu, 09 Desember 2012

Sekolah Hijau Merangin



Sekolah Diimbau Sukseskan Go Green
Bupati Merangin saat menyerahkan bibit pohon kepada salah seorang siswa

BANGKO-Pemerintah Daerah Kabupaten Merangin terus menghimbau pihak sekolah yang ada di Merangin khususnya sekolah yang terletak di tengah kota Bangko agar menerapkan program menanam pohon disekolah masing-masing. Hal itu agar pencapaian gerakan tanam satu milliar pohon dapat terealisasikan dan sebagai cara pihak sekolah untuk menjaga kenyamanan siswa dan guru selama berada di lingkungan sekolah. Hal itu diungkapkan Bupati Merangin, Nalim dalam sebuah acara SKPD Disbunhut beberapa waktu yang lalu.
        Dijelaskan Nalim, jika sekolah telah mencanangkan program tersebut dipastikan kedepannya sekolah yang ada di Merangin ini akan lebih hijau dan rindang sehingga kegiatan belajar mengajar disekolah jauh lebih nyaman.
        ‘’Sejak sekarang kita memulai, biarlah yang menikmati hasilnya anak cucu kita,” ungkapnya.
        Selain itu, ditambahkan Nalim, jika pohon telah tumbuh besar maka sekolah akan terbebas dari panasnya terik matahari pada siang. Juga menghindari pantulan terik matahari ke dalam kelas yang cukup mengganggu siswa dan guru saat pelaksanaan belajar mengajar.
        ‘’Manfaat pohon itu sangat besar kepada manusia, selain rindangnya yang bisa menghalangi langsung terik matahari, juga air dan kesuburan tanah bisa tetap terjaga,” tuturnya.
        Dikatakan Nalim, menanam pohon tidak lah berarti pohon hutan saja, namun bisa juga dengan menanam pohon buah seperti mangga, rambutan, durian dan lainnya dengan harapan jika pohon tersebut berbuah maka buahnya bisa dinikmati bersama sehingga baik itu personal yang menanam pohon dan generasi penerusnya bisa sama-sama menguntungkan.
        ‘’Jadi yang menanam pohon bisa mendapatkan pahala, sedangkan generasi setelah dia bisa menikmati hasil buahnya,” kata Nalim.
        Sementara itu, Kadisdik Merangin Akhmad Bastari ketika dikonfirmasi mengatakan akan melaksanakan gerakan penghijauan tersebut dengan lebih maksimal. Diakuinya saat ini gerakan penghijauan tersebut telah dilaksanakan tiap sekolah, namun kedepannya pihaknya akan lebih mengoptimalkan lagi.
        ‘’Sebenarnya sudah sejak lama kita menerapkan agar pihak sekolah bisa melaksanakan penghijauan dengan menanam pohon. Namun kedepannya kita akan maksimalkan kembali karena tujuannya adalah agar anak cucu kita kelak bisa menikmatinya. Dan lagi sebagai keseimbangan alam,” tutup Bastari.(top)

0 komentar:

Posting Komentar