Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 26 Desember 2012

Rukam Merangin



Liburan, RKM Mendidik Siswa Ekstra

Tampak Siswa tengah melakukan praktik melukis

BANGKO-Liburan sekolah yang berlangsung selama dua minggu ini dimanfaatkan Rumah Kreatif Merangin (RKM) memberikan pelajaran ekstra khususnya seni rupa kepada siswa yang tertarik menggeluti kesenian.
Namun demikian, dalam masa sekolahpun RKM yang terletak di Sungai Mas Bawah ini memiliki siswa kursus tetap yang tidak sedikit berasal dari TK hingga SMP.
Pengelola RKM, Alhendra Daulay mengatakan ada perlakuan khusus dalam liburan karena waktu pelajaran yang diberikan kepada siswa lebih luang dari biasanya.
‘’Hari biasa kita hanya membagi waktu dua jam setiap tatap muka. Namun dihari libur ini bisa lebih dari itu,” ungkapnya.
Diinformasikannya, saat liburan ini pihaknya menerima siswa kursus instan yakni memberikan pelajaran ekstra dan padat kepada siswa. Hal itu untuk mengsiasati pengisian waktu luang bagi siswa yang sebelumnya berkutat dengan jadwal sekolah yang padat.
‘’Ada juga siswa yang pada saat sekolah jadwalnya padat sehingga susah membagikan waktu untuk mempelajari kesenian khsusnya seni lukis. Merespon itu, kita membuka kesempatan kepada mereka yang memiliki minat maupun bakat seni lukis untuk bisa mempelajarinya dalam masa liburan ini,” katanya.
Daulay mengaku saat ini ada puluhan siswa didiknya yang berasal dari tingkatan yang berbeda-beda. Mulai dari TK hingga SMP, jadwal tatap muka mereka juga tidak sama sehingga porsi materi yang disampaikan pada saat kegiatan praktik tepat sasaran.
‘’Bagi siswa yang usianya Dini kita adakan waktu tersendiri. Begitupun siswa yang telah remaja, kita bagi waktunya sehingga materi maupun praktik semuanya sesuai porsi siswa tersebut,” tuturnya.
Selain itu, Daulay juga menyebutkan antusias masyarakat yang ingin memasukkan anak mereka kursus di RKM karena di Merangin ini sedikit sekali wadah seni yang bisa menampung minat maupun bakat seni dari siswa tersebut.
‘’Kita juga sering mendapatkan juara baik itu tingkat kabupaten hingga Nasional. Mungkin dari situlah hingga saat ini masih banyak masyarakat yang ingin memasukkan anak mereka di RKM ini. Selain itu kita berkomitmen membimbing siswa agar bisa berkesenian dengan baik,” tutupnya.(top)

1 komentar: