Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 13 Desember 2012

Jadwal Ujian SMK dan SMA Berbeda



BANGKO-Ternyata jadwal ujian semesteran yang telah ditetapkan Dinas Pendidikan (Disdik) Merangin pada tanggal 10 Desember 2012 tidak sepenuhnya diikuti oleh sekolah terutama SMK. Pasalnya di untuk SMK mata pelajaran lebih banyak daripada SMA ataupun SMP.
Kabid SMP/SM, M Zubir mengatakan, ketetapan Disdik memang jadwalnya pada tanggal 10 Desember kemarin, namun dia juga memahami jika ada sekolah yang telah menggelar ujian semesteran  tiga bahkan empat hari sebelum tanggal yang ditetapkan.
        ‘’Untuk sekolah khususnya SMK memang ada yang telah mulai melaksanakan ujian pada hari rabu dan kamis minggu lalu. Kami mengetahuinya karena mereka lebih banyak mata pelajarannya,” ungkap Zubir, Senin (10/12) kemarin di Disdik Merangin.
        Dijelaskannya, karena sekolah kejuruan maka ujian mata pelajaran praktik lebih ditonjolkan sehingga ada kekhawatiran pihak sekolah tidak bisa mengejar target jika penyelenggaraan ujian hanya satu minggu. Untuk itu SMK diprioritaskan melaksanakan ujian sebelum jadwal yang telah ditetapkan.
        ‘’Untuk praktik itu membutuhkan waktu ekstra, jadi jika hanya satu minggu pelaksanaan ujian, maka pihak SMK meyakini tidak akan sesuai target,” tuturnya lagi.
        Menurut Zubir, hal yang sama bukan saja pada SMK, namun MTs dan MA juga telah melaksanakan ujian sebelum tanggal 10 desember dengan alasan yang sama yakni banyaknya mata pelajaran.
        ‘’MTs dan MA mata pelajaran agama nya lebih banyak. Jadi mereka juga telah melaksanakan awal ujian pada hari rabu, minggu kemarin,” terangnya.
        Meskipun begitu, diungkapkan Zubir, penerimaan raport tetap dilaksanakan pada tanggal 19 Desember 2012. Setelah itu siswa diliburkan hingga tanggal 2 Januari 2013. (top)

0 komentar:

Posting Komentar