Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 13 Desember 2012

SD 211 Tak Miliki Gedung Perpustakaan


Kepala SD 211 saat menunjukkan keadaan rumah dinas yang dijadikan tempat menyimpan buku dan alat peraga sekolah




BANGKO-Memiliki buku, alat peraga dan sarana olahraga namun tidak memiliki ruang penyimpanan tetap juga merupakan kendala tersendiri bagi pihak sekolah. Seperti yang terjadi di SD 211 pematang kandis.
Disekolah yang mayoritas gurunya adalah kaum hawa ini tidak memiliki ruang perpustakaan dan gudang sehingga buku-buku pelajaran, alat peraga dan sarana olahraga lainnya diletakkan di rumah dinas guru.
Kepala SD 211, Wilmi mengatakan pihaknya harus melakukan itu karena hingga sekarang pihak sekolah tidak memiliki gedung khusus untuk memajang buku-buku. Juga tidak memiliki ruang gudang untuk menyimpan alat peraga sekolah.
        ‘’Soal buku-buku perpustakaan kita cukup lengkap. Namun kendalanya sekarang tidak ada ruang perpustakaannya,” ungkap Wilmi.
        Dijelaskan Wilmi, saat ini jika ada siswa yang ingin meminjam buku maka pihak sekolah harus bersusah payah mencari buku yang ingin dipinjam siswa. Pencarian itu cukup membutuhkan waktu yang lama karena buku-buku tersebut hanya menumpuk dan ruangan tanpa alat penerangan.
        Ditambahkannya, sebenarnya antusias siswa yang ingin meminjam buku cukup tinggi. Namun karena permasalahan tersebut maka sekarang siswa jarang yang ingin meminjam buku disekolah.
        ‘’Karena untuk mencari satu judul buku saja harus membutuhkan waktu ekstra, maka berangsur-angsur siswa jadi malas meminjam buku,” katanya.
        Menurut Wilmi, pihak sekolah telah berulang kali mengajukan permohonan pengadaan ruang perpustakaan ke pemkab Merangin melalui Disdik Merangin. Namun hingga sekarang belum ada perhatian nyata pada sekolah tersebut.
Bahkan, dikatakan Wilmi, pihak sekolah telah menyiapkan lahan jika ada keinginan Disdi untuk membangun ruang perpustakaan disekolahnya.
        ‘’Yang kita inginkan itu adalah pihak sekolah dan siswa sama-sama nyaman jika ada siswa yang ingin meminjam buku di perpustakaan sekolah. Jadi buku-buku bisa tersusun rapi dan lagi siswa juga bisa bebas memilih buku apa saja yang ingin dipinjamnya,” tutup Wilmi. (top)        

0 komentar:

Posting Komentar