Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 13 Desember 2012

SD 299 Inginkan Perhatian Disdik



AGUS SALIM IDRIS
BANGKO-SD 299 terletak di Desa Langling kecamatan Bangko. Sekolah yang berjarak sekitar 9 kilometer dari Jalan Lintas Sumatera ini mengeluh karena hingga saat ini belum ada perhatian nyata dari Dinas Pendidikan (Disdik) Merangin terhadap sekolahnya.
Kepala SD 299, Agus Salim Idris mengatakan, keluhan yang mendasar dari pihak sekolah adalah ketika tahun 2011 lalu, yang mana sekolah ini mendapatkan musibah yakni kecurian. Mengetahui hal itu, disdik seperti tidak menghiraukannya.
        Dijelaskannya, saat itu beberapa barang hilang terdiri dari Laptop, computer, wireless, tape Recordes, VCD player yang bernilai hingga Rp 35 juta. Padahal untuk membeli alat alat tersebut pihak sekolah menggunakan dana bantuan operasional sekolah (BOS).
        ‘’Waktu itu kami kehilangan barang alat sekolah senilai Rp35 juta lebih, telah kami laporkan ke Disdik, namun tidak ada tindak lanjutnya,” ungkap Agus.
Dikatakan Agus, hendaknya ketika musibah tersebut pihak Disdik bisa memprioritaskan aliran bantuan kepada sekolahnya melalui dana lainnya baik APBN maupun APBD sehingga barang-barang yang hilang bisa tergantikan. Keinginan tersebut karena pihak sekolah sangat membutuhkan alat yang hilang demi terwujutnya peningkatan mutu pendidikan disekolahnya.
‘’Saya pernah mengungkapkan keinginan pihak sekolah ke Disdik Merangin agar sekolah kami diprioritaskan untuk bisa mendapatkan dana tambahan, namun jawabannya tidak memuaskan. Kami tetap tidak dibantu,” katanya lagi.
Agus juga menginformasikan selama ini SD 299 lebih banyak mendapatkan bantuan dari pihak swasta seperti perusahaan yang ada disekitar sekolah. Hal itu mencerminkan bahwa disdik tidak sepenuhnya memperhatikan sekolah yang ada di Merangin ini.
‘’Saya juga merasa ditirikan, karena selama ini bantuan lebih mengarah pada sekolah ditengah kota. Mungkin saja siswa kami tidak seberapa jumlahnya. Namun jika fasilitas terlengkapi kami jamin sekolah kami tidak kalah dengan sekolah yang ada dipusat kota Bangko,” tuturnya.
Hal itu tidaklah tanpa alasan, dikatakan Agus telah lima tahun dia menjabat sebagai kepala SD 299 dan telah banyak siswa mendapatkan prestasi yang gemilang. Semua itu tidak lepas dari kerjasama tim guru dan juga didukung penuh peranan orang tua siswa.
‘’Kami bekerjasama menyusun proposal sekolah kebeberapa pihak swasta dan sedikit banyak mereka membantu. Namun ketika kami mengajukan permohonan ke Disdik Merangin, seakan-akan tidak ada responnya. Kedepannya kami tetap berharap Disdik Merangin bisa mengalokasikan dana ke sekolah kami karena bagaimanapun kami ini dibawah naungannya,” tutup Agus Salim.(top)

0 komentar:

Posting Komentar