Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 07 Desember 2012

SDN 2, Upayakan Kebersihan Lingkungan Sekolah


BANGKO-Kebersihan pangkal kesehatan, itulah salah satu moto sekolah yang terletak di pusat kota Bangko ini. selain peningkatan mutu pendidikan yang terus digenjot, kebersihan sekolah juga tidak terlupakan.
Kepala SD 2 Bangko, Misrofa mengatakan setiap hari pihak sekolah selalu mengingat dan menasehati siswa untuk membuang sampah yang berserakan di lingkungan. Bahkan himbauan tersebut juga berlaku didalam ruang kelas seperti laci meja dan sudut ruangan sehingga tertanamlah pondasi sikap kebersihan yang tinggi dikalangan siswa.
        ‘’Untuk menanamkan rasa tanggung jawab dan kesadaran dalam diri anak. Kita mengingatkannya setiap saat dan sekarang hasinya siswa mengerti sendiri dan menganggap sekolah ini merupakan rumah mereka sendiri,” kata Misrofa.
        Selain itu, dikatakan Misrofa, tujuannya adalah menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, rapi, indah dan bersahaja.
        ‘’Jika sekolah rapi maka tamu yang datang kesekolah merasa betah. Dan lagi juga kesehatan masyarakat disekolah juga terjaga,” tuturnya.
        Dijelaskan Misrofa, pihak sekolah juga menyediakan tenaga kebersihan yang berperan aktif terhadap sekolah. Namun melibatkan siswa merupakan salah satu langkah pembelajaran dan pembinaan agar siswa menjadi rajin, disiplin dan berjiwa sosial.
        ‘’Kita memulainya dengan pribadi siswa itu sendiri, siswa dituntut berpakaian rapi, kemudian lingkungan kelas dan luar kelas dijaga. Setiap sampah yang terlihat harus diambil siswa dengan kesadarannya sendiri,” jelasnya.
        Dengan kiat semacam itu, dikatakan Misrofa saat ini sekolah yang dikepalainya menjadi semakin bersih dan jauh dari sampah, kedepannya Misrofa berwacana untuk mengkiatkan penghijauan sekolah. Dengan lingkungan yang bersih dan hijau dipastikan kegiatan belajar mengajar disekolah menjadi semakin nyaman.(top)

0 komentar:

Posting Komentar