Diberdayakan oleh Blogger.

Minggu, 11 November 2012

Pencairan Dana BOS Sering Terlambat



 
BANGKO-Seringnya pencairan dana bantuan Operasional Sekolah (BOS) di Kabupaten Merangin membuat pihak sekolah penerima BOS menjerit. Pasalnya, mereka terpaksa harus menangguhkan pembayaran hutang untuk pembiayaan operasional sekolah.
        Seperti pencairan tahap empat sekarang ini. Seharusnya, pencairan dilaksanakan pada bulan Oktober lalu. Namun kenyataannya, hingga November, dana tersebut belum juga cair.
        Salah seorang kepala SD di Bangko yang enggan disebutkan namanya mengeluhkan hingga saat ini belum juga menerima dana bantuan untuk operasional sekolah tersebut. Namun dia juga menerangkan keterlambatan itu adalah masalah klasik yang kerap dialaminya.
        ‘’Ya, untuk tahap empat ini semestinya awal Oktober lalu dana bos sudah kita terima namun hingga saat ini belum juga kita terima,” ujarnya.
        Dia menerangkan, dana BOS tersebut semestinya dicairkan setiap tiga bulan sekali dengan periode Januari-Maret, April-Juni, Juli-September dan Oktober-Desember. Namun sepengetahuannya selama ini tidak pernah pencairan tepat waktu yaitu pada awal bulan.
        ‘’Kami jadi terbiasa dengan keterlambatan pencairan dana BOS ini. Yang jelas kita hanya bisa menunggu saja,” ucapnya.
        Ditambahkannya, dia juga tidak mengetahui kemana mesti menanyakan keterlambatan tersebut. Karena selama ini dia hanya menanyakan ke Disdik Merangin namun jawaban yang didapat tidak memuaskan.
        ‘’Setiap ada pencairan dana BOS kita diberi tahu oleh Disdik Merangin. Namun kapan pastinya kita tidak tahu. Keterlambatannya tidak menentu. Dan lagi pihak Disdik juga tidak tahu kenapa selalu saja terlambat,” jelasnya.
        Sementara itu Manager BOS Dinas Pendidikan (Disdik) Merangin, M Zubir ketika dikonfirmasi mengakui keterlambatan pencairan dana BOS tersebut. Namun dia tidak bisa menjawab kenapa dana bos tersebut terlambat cairnya.
 ‘’Ya saya tahu dana bos belum cair. Saya tidak tahu kenapa bisa terjadi hal itu,” ungkapnya Minggu (11/11) kemarin VIA Phonsel.
Dia menjelaskan, ketidak tahuannya karena sebagai Manager BOS Disdik Merangin dia hanya bertugas memantau penyaluran dan peresapan dana disetiap sekolah. Namun perihal keterlambatan penerimaan bukan menjadi tanggungjawabnya,
‘’Intinya saya tidak berkompeten menjawab keterlambatan pencairan BOS itu. Saya juga tidak mempertanyakannya kepada pihak provinsi. Namun informasi yang saya dapatkan memang pihak provinsi belum mencairkan dananya,” kata Zubir.
Zubir menambahkan, ‘’Yang jelas dana BOS itu pasti cair, nanti jika telah cair pihak provinsi akan menginformasikannya ke Disdik Merangin dan kami akan meneruskannya kepada pihak sekolah dan kepsek bisa langsung mengambil dananya di PT POS. intinya ya bersabar lah,” tukasnya.(top)

0 komentar:

Posting Komentar