Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 19 November 2012

Fasilitas Labor SMK SPP Belum Lengkap




BANGKO-Sekolah Menengah Kejuruan Sekolah Pertanian dan Perkebunan (SMK SPP) Bangko yang beralamat di Desa Titian Teras kecamatan Batang Masumai mengeluhkan minimnya sarana dan prasarana laboratorium untuk kelangsungan praktik di sekolah. Hal itu diungkapkan Kepala SMK SPPMA, Afrizal melalui guru Tanaman dan Perkebunan, Arpan.
Dikatakannya, karena minimnya sarana dan prasarana laboratorium membuat pihak sekolah putar otak agar pelaksanaan kegiatan belajar mengajar (KBM) disekolahnya tetap berjalan dengan baik dan benar.
‘’Kita kekurangan alat peraga khususnya di laboratorium, hal itu membuat kita harus bisa kreatif,” ungkapnya.
        Dijelaskannya, pihak sekolah khususnya guru praktik selama ini membuat alat peraga dengan berbagai bahan yang bisa digunakan. Dengan harapan setiap pertanyaan siswa bisa dijelaskan dengan perumpamaan alat peraga tersebut.
Diungkapkannya, untuk membuat tabung-tabung eksperimen dia memanfaatkan ember dan gallon minyak. Sementara selang kaca maupun perapian digunakan selang air biasa dan lampu teplok.
‘’ Kita dituntut kreatif akibat kekurangan ini. Tapi hikmahnya kita bisa mendapatkan pengalaman lagi,” katanya.
Ditunjukkan Arpan salah satu contoh adalah pada saat pameran pembangunan di Merangi Ekspo beberapa waktu lalu. Dikatakannya alat yang terpasang pada pameran merupakan handmade atau buatan para guru dan siswa sekolah yang bertekat menunjukkan kemampuan mereka selama menjalani KBM disekolah.
        ‘’Walaupun begitu kita bangga bisa memamerkan produk hasil eksperimen kita dan sekaligus memamerkan alah laboratorium bikinan sendiri,” tuturnya.
Kedepannya Arpan mengharap agar laboratorium di SMK SPP bisa dilengkapi. Hal itu agar para guru mudah memberikan pelajaran baik itu materi maupun praktik kepada siswa dan sebaliknya siswa pun bisa lebih mengerti dan memahami apa yang disampaikan oleh guru.
‘’Kami ini SMK, jadi praktik itu diutamakan. Kalau bahan dan alat praktik lengkap maka KBM di SMK SPPMA bisa lebih ditingkatkan lagi kualitasnya,” tutupnya.(top)

0 komentar:

Posting Komentar