Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 06 November 2012

Sabet Juara Umum, SMA 1 Merangin Pantas Bangga


Dibalik Pergelaran O2SN dan FLS2

Penyelenggaraan O2SN dan FLS2N tingkat Kabupaten Merangin telah usai. Semuanya tampak berjalan lancar, tanpa ada kendala yang berarti. Tapi dibalik semua itu, ada sekelumit cerita yang perlu dicermati.
 
TOPAN-BANGKO

SMA 1 Merangin adalah sekolah yang mendapatkan juara umum. Rasa bangga dan haru merias wajah kepala sekolah, guru dan siswa sendiri yang menjadi peserta lomba. Yang digelar pada tanggal 3-5 April lalu.

Kepala SMA N 1 Merangin, M. Hayat melalui Waka Kesiswaan, Partono mengatakan, kemenangan tersebut bukanlah suatu yang disombongi. Mengingat proses untuk memenangkan segala pertandingan yang dilombakan pada kegiatan O2SN dan FLS2N telah menempuh tahapan panjang dalam persiapannya.

Dia mengatakan, bahwa sekolah cukup puas dengan hasil yang didapat pada O2SN dan FLS2N tahun 2012 ini. Tetapi hal itu tidak lantas membuat pihak sekolah puas. Sebaliknya, kemenangan itu membuat PR sendiri bagi sekolah.

Diceritakan, berbagai cabang olah raga yang dipertandingkan seperti bulu tangkis, tenis meja, karate, atletik lari semua siswa dari sekolahnya mendapatkan juara pertama. Hal serupa juga terjadi pada lomba seni seperti drama, tari, puisi, cipta puisi, desain poster manual dan grafis, kriya.

‘’Tiap cabang olahraga kita mendapatkan juara pertama, kecuali pada cabang silat kita mendapatkan juara ke dua. Dalam perlombaan kesenianpun kita mendapatkan juara pertama, hanya pada lomba nyanyi solo saja kita mendapatkan juara kedua,” jelasnya.

Sementara itu, Ellya Roza, guru Olahraga yang membimbing siswa sejak awal, mengaku telah mempersiapkan siswanya jauh hari sebelum pelaksanaan O2SN dan FLS2N tersebut. Persiapan itu menyangkut dengan skil, fisik, disiplin serta sportifitas agar dalam pelaksanaan lomba siswa dari SMA 1 Merangin tidak ada yang curang.

Ditempat yang sama, ketua osis SMA 1 Merangin, Yola mengungkapkan kegembiraannya karena sekolah tempat dia menimba ilmu bisa menjadi juara umum O2SN dan FLS2N tahun 2012 ini.

Yola menambahkan, hendaknya para siswa yang telah menang dalam perlombaan tersebut bisa membawa nama baik kabupaten Merangin pada tingkat provinsi. Serta ada perhatian dari pemerintah khususnya Dinas Pendidikan Kabupaten Merangin yang turut serta membantu sarana dan prasarana kelanjutan O2SN dan FLS2N ditingkat provinsi Jambi.

Disamping itu pula, perhatian dari pemerintah selayaknya berkesinambungan. Hal itu didasari oleh harapan peserta O2SN dan FLS2N agar setiap peserta diberikan semacam piagam penghargaan telah mengikuti kegiatan. Jadi, peserta yang mengikuti lomba tidak pulang dengan tangan kosong, tetapi ada bukti bahwa telah turut berpartisipasi dalam acara tahunan tersebut.

‘’Mungkin ada baiknya pemerintah membuat semacam piagam penghargaan khususnya kepada peserta yang menang. Itukan bisa dilampirkan jika kita mau melanjutkan pendidikan ketingkat yang lebih tinggi. Disamping itu juga, piagam merupakan lembaran kertas yang berharga. Ada kebanggaan menyimpannya,” tandas  gadis belia ini.***

0 komentar:

Posting Komentar