Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 15 November 2012

STKIP Bangko, Pelajaran Matematika Masih Menakutkan



AHDE FITRI


BANGKO-Bagi sebagian pelajar dan mahasiswa, belajar Matematikan merupakan pelajaran yang menakutkan. Selain tingkat kesulitannya tinggi Matematika juga kerap membuat pelajar  kelimpungan.
Akan tetapi, tidak berarti matematika tidak bisa dikuasai atau dipelajari. Justru kondisi tersebut seharusnya dapat membuat pelajar tergerak dan terpacu agar berusaha memahami dan menguasainya.
Seperti yang dikatakan seorang Dosen Matematika yang juga menjabat sebagai Ketua jurusan Metematika STKIP Bangko, Ahde Fitri, ia mengatakan sejak menjadi dosen persoalan yang kerap muncul sama tiap tahunnya yakni ada beberapa orang mahasiswa yang masih menganggap pelajaran matematika menakutkan. Ditambah lagi pada saat mereka sekolah di SMA nilai pelajaran matematika tergolong standar.
‘’Sejak 2006 saya mengajar di STKIP ini. Rata-rata permasalahan yang saya temukan sama, yakni mahasiswa masih merasa ngeri dengan pelajaran matematika. Pertanyaannya kenapa di STKIP malah mengambil jurusan matematika,” katanya bernada ringan.
Dikatakannya ada juga beberapa orang oknum mahasiswa yang mengambil jurusan matematika sebagai pelarian. Hal yang semacam ini lah diakui Ahde mempersulitkannya mengajar.
Ahde menjelaskan, seiring waktu dia mendapatkan cara yang dapat memudahkan dalam belajar matematika, salah satunya adalah membuat rumus ringkas di samping kanan catatan. Ringkasan rumus adalah suatu langkah kecil, namun besar dalam proses memahami matematika.
‘’Dengan begitu setiap saat kita bisa belajar matematika dengan sesekali melihat ringkasan rumus tersebut,” katanya.
Selain itu, dikatakannya  untuk bisa melaksanakan kegiatan belajar mengajar harus selalu berusaha mengulangi pelajaran
Matematika. ‘’Ini adalah hukum alam. Bila kita telah terbiasa melakukan suatu hal, maka kita pasti bisa,” terangnya.
Kiat tersebut dikatakan Ahde diterapkannya kepada beberapa orang dosen tetap Matematika di STKIP. ‘’Ada 12 orang dosen matematika tetap di sini. Disaat ada waktu renggang kita juga mengajukan kepada mahasiswa untuk mencoba mengerjakan soal buatan sendiri,” tambahnya.
Diharapkan Ahde, meskipun Matematika tergolong sulit, namun sebenarnya pelajaran ini tidaklah suatu yang menakutkan, tetapi merupakan sesuatu yang menarik. (top)

0 komentar:

Posting Komentar