Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 06 Juni 2013

TA 2013 / 2014 Rayon Sekolah dI Merangin Masih Berlaku


BANGKO-Untuk mencegah terjadinya penumpukan siswa disalah satu sekolah maupun daerah maka tahun ajaran baru 2013/2014 Dinas Pendidikan (Disdik) Merangin tetap memberlakukan sistem rayon sekolah pada Penerimaan Siswa Baru (PSB) tahun ini. Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Merangin Akhmad Bastari melalui Kasi Pembina SMK, Rustam, Jum’at (1/6) lalu di Disdik. 
Dijelaskannya jika tidak melaksanakan rayonisasi maka dikhawatirkan tidak meratanya sistim penerimaan siswa baru baik untuk SMP maupun SMA di Merangin ini. 
‘’Jika tidak diterapkan rayonisasi maka otomatis masyarakat akan mengarahkan anak mereka ke sekolah yang diyakini sebagai yang terbaik. Sementara sekolah yang dimata masyarakat tidak tergolong terbaik itu akan sepi,” katanya.  
Penerapan rayonisasi ini, dikatakan Rustam berdasarkan keputusan rapat pihak Disdik dan sekolah beberapa waktu lalu di Aula Disdik. Disaat itu mayoritas pihak sekolah masih berharap agar rayonisasi tetap diberlakukan‘’Yang jelas kita inginkan agar pemerataan siswa di tiap sekolah itu terlaksana sehingga tidak timbul kecermburuan sosial. Kasihan nanti sekolah yang masih tergolong minim sarana dan prasarananya,” ungkapnya lagi.
Soal minimnya sarana tersebut menurut Rustam pihaknya akan terus berupaya agar sesegera mungkin bisa mendapatkan bantuan. Dia juga tidak menampik minimnya arahan masyarakat terhadap salah satu sekolah karena minimnya sarana dan prasarana disekolah itu sendiri. Sementara factor jumlah pertumbuhan penduduk juga menentukan jumlah siswa disalah satu sekolah. 
Sementara itu, Rustam menginformasikan bahwa pihak Disdik hanya bisa mengurus perpindahan rayon antar kabupaten. Hal itu untuk memfasilitasi masyarakat yang ingin menyekolahkan anak mereka keluar ataupun masuk kabupaten Merangin.(top)


0 komentar:

Posting Komentar