Diberdayakan oleh Blogger.

Minggu, 30 Juni 2013

SMPN 49 Merangin Kekurangan Siswa



RICKY NELSON
BANGKO-SMPN 49 Merangin yang terletak di Desa Pulau Baru tiap tahunnya selalu mengeluhkan kekurangan siswa. Pasalnya selain angka kelulusan SD pendukung di wilayah itu sedikit, juga orientasi masyarakat menyekolahkan anak mereka lebih menjurus kepada bidang ilmu keagamaan seperti Pesantren dan/atau Madrasah Tsanawiah.
 
Kepala SMPN 49, Ricky Nelson mengatakan hingga menjelang pendaftaran ulang ini baru 15 orang tercatat sebagai siswa baru disekolah tersebut sehingga pihak sekolah tidak melaksanakan seleksi Penerimaan Siswa Baru (PSB).


‘’Bagaimana mau melaksanakan seleksi PSB. Siswa yang mendaftar saja hanya ada 15 orang. Sementara kuota siswa baru yang kami sediakan sebanyak 32 orang untuk satu lokal,” katanya.

Menurut Ricky, angka kelulusan di dua SD pendukung diwilayah itu hanya berkisar 40 orang siswa. Jadi, dikatakannya wajar bila jumlah siswa yang mendaftar di SMPN 49 sedikit. ‘’Masyarakat disini lebih menginginkan anak mereka sekolah di MTs atau Pesantren. Jadi wajar lah bila hanya ada 15 orang siswa baru yang mendaftar disekolah kami,” imbuhnya.
 
Dia juga mengatakan mayoritas siswa yang baru lulus SD tersebut memilih untuk melanjutkan sekolah dikota Bangko sehigga pihak SMP 49 tidak bisa berbuat banyak. ‘’Karena itu suatu pilihan ya mau bagaimana lagi. Kita telah berusaha,” tuturnya.
 
Mengarahkan masyarakat agar mau menyekolahkan anak mereka di SMP 49 telah optimal dilakukan pihak sekolah baik dari mulut ke mulut maupun penempelan spanduk serta poster penerimaan siswa baru.
 
‘’Tapi jika dipersentasekan dari 40 siswa yang lulus itu ada 15 orang yang mendaftar disekolah kami. Maka angka itu cukup banyak. Karena 25 orang lagi sisanya pasti terbagi dua yakni siswa yang mendaftar di pesantren dan MTs,” pungkasnya.(top)

0 komentar:

Posting Komentar