Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 13 Juni 2013

Biaya Paket C Tahun 2013 di Merangin Masih Bermisteri


 
Amiruddin
BANGKO-Siswa SMP dan SMA sederajat yang tidak lulus Ujian Nasional (UN) tahun 2013 dapat mengikuti ujian paket C pada tanggal 1 Juli mendatang.

Di Kabupaten Merangin antusias siswa mengikuti ujian ini cukup tinggi. Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Merangin Akhmad Bastari melalui Kabid PND, Amiruddin mengatakan hingga penutupan pendaftaran ujian paket C telah ada puluhan orang siswa yang mendaftar secara kolektif oleh pihak sekolah yang bersangkutan.

‘’Pendaftaran ujian paket C telah ditutup. Dan saat ini terdata puluhan siswa yang akan mengikutinya. angka pastinya saya lupa, tapi lebih dari separoh siswa yang terdata tidak lulus UN ikut ujian paket C ini dan rata-rata mereka didaftarkan pihak sekolah,” kata Amiruddin, Rabu (12/6) kemarin.

Dikatakan Amiruddin saat ini Disdik tengah mendata peserta ujian yang kemudian dikirimkan ke Disdik Provinsi untuk diterbitkan nomor urut peserta.

‘’Nanti berkas soal ujiannya juga dari Disdik Provinsi Jambi, jadi bukan dari pusat. Saat ini kami tengah mengecek data peserta ujian untuk dikirimkan ke Jambi. Nanti setelah itu mereka menerbitkan nomor urut peserta ujian,” jelasnya.

 Ketika ditanyakan pendanaan ujian paket C itu, Amiruddin mengatakan biaya ditanggung oleh Disdik provinsi Jambi. Namun dia juga mengakui biaya tersebut sangat minim sehingga ada kemungkinan untuk meminta pada peserta ujian.

‘’Kalau tidak salah biaya dari Jambi itu Rp.15 ribu per peserta ujian. Jika digunakan pasti tidak tercukupi,” katanya.

Menurutnya untuk melaksanakan ujian paket C tersebut membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Pasalnya beberapa orang staff PNF serta guru yang dipekerjakan membutuhkan biaya karena pekerjaan itu diluar tanggung jawab mereka. Selain itu transportasi serta akomodasi lainnya juga harus diperhitungkan.

‘’Banyak dibutuhkan biaya selama proses ujian paket C ini. Dari pendataan saat ini hingga nanti saat pengumuman kelulusan bahkan hingga saat penerbitan ijazah. Itu semua membutuhkan biaya,” tuturnya.

Namun ketika ditanyakan berapa nominal biaya untuk paket C tersebut, Amiruddin mengaku belum ada ketetapan dari Disdik karena harus berkoordinasi dengan pihak sekolah. ‘’Belum tahu berapa kepastian jumlahnya,” tutup Amiruddin.(top)

0 komentar:

Posting Komentar