Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 20 Juni 2013

Pamenang Selatan Kekurangan Guru PNS


SISWOYO
BANGKO-Kekurangan tenaga pengajar (Guru) berstatus PNS dirasakan oleh pihak Sekolah Dasar di Kecamatan Pamenang Selatan. Bahkan ada beberapa SD dikecamatan itu yang hanya memiliki satu orang guru PNS. Hal itu diungkapkan Kepala Unit Pelaksana Tekhnis Daerah (UPTD) Pendidikan Kecamatan Pamenang Selatan, Siswoyo.
Dikatakannya kekurangan guru PNS diwilayahnya telah berlangsung lama. Namun ajuan untuk mendapatkan tambahan guru PNS atau mengusulkan guru honor sebagai PNS belum terlaksana hingga sekarang ini.
‘’Sudah lama kami masih kekurangan guru yang berstatus PNS,” katanya.
Menurut Siswoyo, dengan adanya kekurangan guru PNS diwilayahnya acap kali mengganggu proses belajar mengajar (PBM) disekolah. ‘’Juga pengawasan menjadi kurang,” imbuhnya.
Dia menginformasikan ada satu SD di Pulau Bayur yakni SD 141. Disekolah ini hanya ada satu orang guru PNS yang merangkap sebagai kepala sekolah.
‘’SD 141 Pulau Bayur hanya ada satu orang PNS nya yakni kepala sekolah itu sendiri. Selebihnya guru honor sekolah,” tuturnya.

Siswoyo mengharapkan kepada Dinas Pendidikan (Disdik) Merangin agar berupaya mencari solusi agar kekosongan guru PNS diwilayah Pamenang Selatan dapat segera terisi sehingga pengawasan maupun ilmu pendidikan yang diterima siswa bisa lebih berbobot.
‘’Saya tidak bilang kalau kinerja ataupun SDM guru honor itu rendah. Yang jelas jika status gurunya PNS maka ada nilai tambahnya bagi siswa yang diajarkan. Juga keyakinan dimata masyarakat yang menitipkan anak mereka disekolah akan lebih mantap,” terangnya.
Bagi siswoyo, jika di kawasan kota Bangko banyak guru PNS yang berlebih di sekolah tertentu maka tidak ada salahnya ditugaskan ke Pamenang Selatan. Selain kekosongan guru PNS diwilayahnya terisi juga pemerataan guru PNS akan tercapai.(top)

0 komentar:

Posting Komentar