Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 27 Juni 2013

Disdik Merangin Budayakan Lingkungan Bersih


Tampak Kadisdik Merangin Akhmad Bastari beserta STAF Disdik tengah Bergotong royong (Goro) membersihkan lingkungan kantor Disdik, beberapa waktu lalu.

BANGKO-Menjaga lingkungan bersih dengan cara tidak membuang sampah sembarangan telah lama diterapkan Dinas Pendidikan (Disdik) Merangin. Hasilnya kantor yang tidak pernah sepi dari tamu yang mayoritas tenaga pendidik itu terlihat bersih dan nyaman.
        Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Merangin, Akhmad Bastari mengatakan pentingnya menjaga kebersihan harus diterapkan agar lingkungan kerja menjadi sehat dan bersih sehingga tercipta kenyamanan masyarakat yang mengunjungi Disdik.

‘’Tunggu apa lagi, mari tunjukkan kepedulian kita terhadap lingkungan yang bersih khususnya di Disdik ini,” himbaunya.
Menurut Bastari menamkan budaya hidup bersih dapat digunakan pada media penerapan disilpin. Dia juga meyakini perilaku bersih dan sehat akan membawa pengaruh positif bagi internalisasi dan implementasi budaya kesehatan.
‘’Selain itu menjaga kebersihan seharusnya menjadi pola hidup umat Islam,” ungkapnya.
Dijelaskannya, sebagai umat Islam seharusnya menyadari bahwa sejak Islam diturunkan ke muka bumi, Allah SWT mengajarkan kepada seluruh pengikut Nabi Muhammad SAW untuk memperhatikan aspek kebersihan dan kesucian.
‘’Dengan hidup sehat dan bersih kita akan terhindar dari berbagai penyakit, dengan demikian kita akan dapat bekerja dan beribadah dengan lancar dalam rangka menunaikan kewajiban kita sebagai hamba Allah yang bertaqwa kepada-Nya,” terangnya.
Bastari menambahkan, menjaga kebersihan merupakan bagian dari menjaga kesucian, yang pada dasarnya tidak dapat dipisahkan dari keimanan. ‘’Oleh sebab itu orang yang tidak menjaga kebersihan dan kesucian sama dengan telah mengabaikan sebagian dari nilai-nilai keimanannya, sehingga dia belum termasuk orang yang betul-betul beriman,” tambahnya.
Sementara itu salah seorang tenaga pendidik menyatakan kekagumannya kepada sosok Bastari memimpin Disdik Merangin. Pasalnya sebagai seorang Kepala Dinas (Kadis), Bastari tidak canggung memegang sapu lidi membersihkan halaman Kantor beserta staffnya.
‘’Saya pernah merasa tidak enak hati. Soalnya dulu ketika saya selesai menghabiskan sebatang rokok saya buang sembarangan. Dan aksi itu dilihat pak Bastari. Dengan senyuman dia memungut puntung rokok saya tadi dan membuangnya ke tempat sampah. Dan terus terang sejak kejadian itu satu minggu saya susah tidur. Saya salut dengan kepemimpinan pak Bastari itu,” pungkasnya.(top)



0 komentar:

Posting Komentar