Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 03 April 2013

UN, Ruangan Harus Sesuai Petunjuk




BANGKO-Mempersiapkan ruang siswa peserta Ujian Nasional (UN) ternyata tidaklah sederhana. Namun harus berdasarkan petunjuk tekhnis yang telah ditetapkan oleh pusat.
Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Merangin Akhmad Bastari melalui Kabid Dikmen, Said Usman mengatakan banyak persiapan yang harus dilakukan oleh panitia UN agar proses UN dapat berjalan lancar.
‘’Banyak poin-poin yang harus dilaksanakan panitia UN,” katanya.
Dijelaskan Said, salah satu nya adalah Ruang UN yang didalamnya harus memenuhi berbagai persyaratan seperti aman dan layak digunakan serta setiap ruang ditempati paling banyak 20 peserta, dan dua meja untuk dua orang pengawas UN.
Setiap meja peserta dalam ruang ujian diberi nomor peserta UN, Setiap ruang UN disediakan denah tempat duduk peserta UN dengan disertai foto peserta ditempel di pintu masuk ruang ujian.
‘’Setiap ruang ujian ditempel pengumuman yang bertuliskan ‘Dilarang Masuk selain peserta ujian dan pengawas serta Tidak Diperkenankan Membawa Alat Komunikasi’,” katanya.
Tidak hanya ruang UN saja, namun tempat duduk peserta UN juga diatur sedemikian rupa sehingga selama UN berlangsung para siswa peserta merasa nyaman dan konsentrasi menjawab soal UN.
‘’Satu bangku untuk satu orang peserta UN dengan jarak antara meja yang satu dengan meja yang lain disusun dengan mempertimbangkan jarak antara peserta yang satu dengan peserta yang lain minimal satu meter. Penempatan peserta UN sesuai dengan nomor peserta dan yang paling penting ruang Ujian beserta isinya ini telah disiapkan paling lambat sudah siap satu hari sebelum ujian nasional dimulai,” jelasnya.
Menurut Said, peraturan tersebut telah diinformasikan kepada tiap sekolah selaku penyelenggara UN. Maka dari itu dia berharap agar pihak sekolah maupun panitia UN dapat merealisasikannya dengan mengikuti aturan yang telah ditetapkan sehingga kenyamanan peserta UN dapat terlaksana dengan baik.
‘’Jika tidak diberlakukan peraturan tersebut dikhawatirkan siswa peserta UN tidak fokus menjawab Soal sehingga berdampak pada nilai serta tingkat kelulusan siswa,” pungkasnya.(top)

0 komentar:

Posting Komentar