Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 29 April 2013

Disdik Merangin Terima 521 Box Soal UN 2013



SOAL UN : Prosesi penghitungan jumlah soal UN oleh Disdik, Polisi dan Perguruan Tinggi
BANGKO-Sebanyak 521 box soal Ujian Nasional (UN) tingkat SMA sederajat serta paket C telah datang di Dinas Pendidikan (Disdik) Merangin, Jumat (12/4) kemarin. Kedatangan soal pada pukul 16:30 itu dikawal ketat oleh dua orang anggota kapolda dan disambut oleh pihak Disdik, Kepolisian, serta pengawas independent dari perguruan tinggi.
        Perwakilan Universitas Jambi (Unja), Ibrahim selaku pengiring soal UN mengatakan jumlah tersebut sesuai dengan data yang dibawa mereka. ‘’Jumlahnya sesuai dengan data yang kami pegang yakni 521 box. Tentang berapa jumlah eksemplar nya saya tidak tahu,” ungkapnya.
        Dia menjelaskan ada beberapa perbedaan pada sampul muka box yakni warna merah merupakan soal UN buat jurusan IPA, Kuning jurusan IPS, putih  untuk SMK dan Hijau untuk Madrasah Aliyah (MA).
‘’Tiap box telah tertulis nama identitas sekolah penyelenggara serta jumlah amplop dan soalnya,” kata Ibrahim.
Setelah dilakukan penghitungan kembali oleh seluruh pihak yang berkepentingan yakni Unja, STKIP, Disdik dan Kepolisian, tak berapa lama dilaksanakan prosesi serah terima oleh Unja kepada STKIP dan diteruskan ke Disdik Merangin.
Perwakilan STKIP, Sukurman mengatakan penyerahan tersebut telah sesuai dengan jumlah data yang dipegang oleh pihak Unja sehingga tidak ada permasalahan.
‘’Jumlah box yang kami terima sesuai dengan data yang mereka pegang. Jadi tidak ada masalah lagi,” singkatnya.
Sementara itu Kadisdik Merangin, Akhmad Bastari melalui Kabid Dikmen, Said Usman mengatakan bahwa pendistribusian soal UN akan segera dilaksanakan dan diprioritaskan pada daerah yang sulit terjangkau.
‘’Besok (hari ini, red) akan kita distribusikan soal UN ke daerah yang jauh dari pusat Kabupaten,” ungkapnya.
Menurutnya hal tesebut harus dilaksanakan mengingat kendala jarak tempuh yang cukup memakan waktu lama. Sementara itu bagi kecamatan yang dikategorikan pinggiran kota penyaluran soal UN akan dilaksakaan pada hari minggu. Sedangkan bagi sekolah penyelenggara di pusat kota dan sekitarnya tidak ada penyaluran, namun pengambilan soal langsung dilaksanakan di Disdik Merangin.
‘’Seperti kawasan Jangkat, Sungai Tenang, Tabir dan lainnya kita akan mengirimkan pada sabtu. Untuk kecamatan Pamenang, Muara Siau dan sekitarnya kita kirimkan pada minggu. Sedangkan bagi sekolah penyelenggara di pusat kota serta pinggiran kota seperti Bangko Barat, Nalo Tantan tidak kita kirim, mereka mengambil sendiri di Disdik,” terangnya.
Dia juga menjelaskan sistim pengiriman soal UN dilaksanakan melalui pengawalan pihak kepolisian guna menjaga terjadinya kendala dalam perjalanan.
‘’Pihak kepolisian yang akan mengawal pendistribusian soal UN ke tingkat kecamatan. Dan mereka juga ada yang menjaga soal UN di Disdik ini,” pungkasnya.(top)

0 komentar:

Posting Komentar