Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 03 April 2013

Pengawasan UN Bakal Diperketat




BANGKO-Dinas Pendidikan (Disdik) Merangin menghimbau kepada seluruh peserta Ujian Nasional (UN) untuk benar-benar mempersiapkan diri mengikutinya karena dalam pengawasan UN kelak akan ketat.
Sekretaris Disdik Merangin, Bahari mengatakan meskipun dalam pelaksanaan soal UN diberlakukan 20 paket soal namun pengawasan tetap ketat.‘’Soal 20 paket tidak mempengaruhi pengawasan UN. Tetap ketat,” katanya.
Dijelaskannya, Pengawas ruang untuk UN SMA dilakukan oleh guru yang diatur secara silang. Dan Pengawas ruang harus dalam keadaan sehat dan sanggup mengawas UN dengan baik. ‘’Disamping itu nanti juga ada pengawas dari perguruan tinggi,” katanya.
Dia juga mengatakan pengawas ruang adalah guru yang mata pelajarannya tidak sedang diujikan dan memiliki sikap dan perilaku disiplin, jujur, bertanggung jawab, teliti, dan memegang teguh kerahasiaan.
‘’Sebelum nya pengawas ruang harus menandatangani surat pernyataan bersedia menjadi pengawas ruang sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan harus hadir 45 menit sebelum ujian dimulai,” ungkapnya.‘’Setiap ruang ditugaskan dua orang pengawas dan mereka tidak diperkenankan untuk membawa alat komunikasi elektronik ke dalam ruang ujian,” tambahnya.
Soal tugas pengawas sendiri, Bahari mengemukakan yakni memeriksa kondisi bahan UN dalam keadaan baik, membagikan kepada siswa peserta UN serta mengecek kembali identitas siswa karena sangat vital.
‘’Banyak tugas mereka diantaranya mengatur tempat duduk peserta  sesuai dengan nomor urut UN dengan menunjukkan kartu peserta UN hingga membacakan tata tertib UN,” imbuhnya.
Untuk itu, Bahari mengharapkan agar tugas pengawas dapat sesuai dengan juknis yang telah ditetapkan dari pusat sehingga prosesi UN di Merangin dapat terlaksana dengan baik.(top)

0 komentar:

Posting Komentar