Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 03 April 2013

Gebrakan SMPN 43 Merangin, Tanam Jahe




Manfaatkan Lahan Kosong
 
ISMALINDA
BANGKO-Menyikapi himbauan Dinas Pendidikan (Disdik) Merangin yang mengharapkan kepala sekolah memiliki sifat kewirausahaan direspon positif oleh pihak SMPN 43 Merangin. Sekolah yang terletak di kecamatan Nalo Tantan ini telah mewacanakan gerakan memanfaatkan lahan kosong dengan cara menanam tumbuhan bermanfaat yakni Jahe.
Kepala SMPN 43 Merangin, Ismalinda mengatakan dia bersama para guru disekolah itu merasa rugi dengan lahan tidur yang ada disekolah itu sehingga atas kesepakatan akhirnya dalam waktu dekat mereka akan memanfaatkan lahan tersebut untuk ditanami.
‘’Kita memiliki lahan tidur yang cukup luas jadi sayang jika tidak dimanfaatkan,” kata Ismalinda, Senin (1/4) kemarin di Disdik Merangin.
Dijelaskannya, ada setengah hektar lahan tidur yang masih termasuk wilayah sekolah. Dilahan itulah kelak akan ditanami jahe. Sementara sebagai penanamnya pihak sekolah akan melibatkan siswa, guru serta komite sekolah.
‘’Yang jelas kita ini ingin agar lahan sekolah kita bisa bermanfaat. Dengan melibatkan warga sekolah maka kelangsungan tanaman jahe akan lebih terjamin hidup karena kita semua merasa memilikinya,” terangnya.
Ismalinda mengatakan keterlibatan pihak sekolah sebagai pelengkap saja karena untuk menggarap lahan tersebut dibutuhkan tenaga ahli.
‘’Kita tidak mungkin menyuruh siswa maupun guru benar-benar bertani karena mereka memiliki tugas dan kewajiban sendiri. Keterlibatan mereka sebagai pelengkap saja,” imbuhnya.
 Hingga saat ini, diungkapkan Ismalinda pihak sekolah terus mengkaji biaya maupun kelengkapan yang lainnya agar pada pelaksanaan penanaman perdana kelak tidak ditemukan kendala yang berarti.
‘’Kita masih kaji prosesinya. Faktor cuaca juga termasuk. Yang jelas dalam tahun ajaran baru kelak gebrakan ini akan kita laksanakan,” pungkasnya.(top)

0 komentar:

Posting Komentar