Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 05 April 2013

Pengawas Harus Berkantor di Sekolah



HAJRUL
BANGKO-Agar para pengawas khususnya tingkat SD tidak merasa asing disekolah yang diawasinya, juga peningkatan jam kunjung. Dinas Pendidikan (Disdik) Merangin menghimbau tiap sekolah mempersiapkan satu meja khusus untuk pengawas sekolah tersebut.
Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Merangin Akhmad Bastari melalui Kabid Program, Hajrul mengatakan himbauan itu dimaksud untuk merubah sistim kinerja pengawas sekolah yang selama ini masih dinilai kurang sehingga tidak sedikit timbul permasalahan internal sekolah. Ironisnya pengawas sekolah yang memiliki tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) mengawasi ternyata tidak tahu,
‘’Untuk itu perlu ada inovasi agar kinerja pengawas sekolah lebih bisa ditingkatkan,” kata Hajrul.
Dijelaskannya, sebagai cara yang dinilai efektif adalah pihak sekolah mempersiapkan meja khusus buat pengawas. Hal itu agar para pengawas tidak merasa asing berada disekolah itu karena dia merupakan bagian dari sekolah itu sendiri.
‘’Jika ada meja tersendiri  bagi pengawas otomatis dia akan merasa menjadi bagian dari warga sekolah itu sendiri. Jadi mereka akan merasa malu jika tidak masuk ke sekolah,” ungkap Hajrul lagi.
Menurut Hajrul, jika hal itu terlaksana dia menjamin tidak ada permasalahan yang timbul di sekolah. Juga peningkatan mutu pendidikan  di Merangin akan bisa terlaksana.
‘’Yang utama adalah meredam segala persoalan dengan mencarikan solusi terbaiknya. Itu gunanya pengawas, toh jikapun pengawas tidak bisa menyelesaikan permasalahan maka bisa langsung melaporkan ke UPTD Pendidikan, dari situ jika tidak terselesaikan baru melapor ke Disdik Kabupaten,” terangnya.
Hajrul juga menyentil adanya oknum pengawas yang jarang turun kesekolah. Menurutnya jika hal itu dibiarkan berlarut-larut maka dengan sendirinya kondisi pendidikan di Merangin akan jatuh.
‘’Itulah gunanya pengawas dan UPTD yakni sebagai penyambung langkah kami Disdik Kabupaten. Jika tidak begitu apalah gunanya mereka,” tuturnya.
Ditambahkan Hajrul, himbauan adanya meja khusus bagi pengawas berlaku untuk seluruh sekolah di Merangin ini. Untuk itu dia berharap pihak sekolah bisa mematuhinya, ditambahkan dengan buku tamu serta absen pengawas sehingga sewaktu-waktu Disdik Kabupaten turun ke sekolah dapat mengecek kinerja pengawas tersebut.(top)

0 komentar:

Posting Komentar