Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 19 Maret 2013

UAS Pengaruhi Tingkat Kelulusan



UJIAN : Siswa SMAN 1 Merangin tengah mengikuti UAS, Senin (18/3) kemarin.


BANGKO-Sebanyak 251 siswa SMAN 1 Merangin mengikuti Ujian Akhir Sekolah (UAS) Tahun Pelajaran 2012-2013. Peserta terdiri dari 130 siswa program studi IPA dan 121 siswa dari program IPS.
UAS yang juga digelar di seluruh SMA se-Merangin ini berlangsung selama sepekan yakni dari tanggal 18 sampai dengan 23 Maret 2013.
Kepala SMAN 1 Merangin, Misrinadi mengatakan pelaksanaan UAS ini bertujuan untuk mengukur kemampuan peserta didik. Selain itu, hasil UAS dijadikan sebagai salah satu unsur nilai akhir peserta didik.
‘’Sesuai dengan aturan dan ketentuan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 60 persen nilai UAS suatu Mata pelajaran digabung dengan 40 persen rata-rata nilai raport. Penggabungan keduanya menjadi nilai UAS. Setelah itu 40 persen dari nilai UAS digabung dengan 60 persen nilai Ujian Nasional (UN),” jelasnya.
        Menurut Misrinadi, dengan demikian penentuan kelulusan seorang peserta didik tidak ditentukan semata-mata oleh nilai UN yang disusun oleh Pemerintah Pusat.
‘’Nilai UAS berpengaruh pada kelulusan siswa,” singkatnya.
Misrinadi menjelaskan, dalam satu minggu pelaksanaan UAS itu tiap hari dijadwalkan dua mata pelajaran yang diujikan. Sementara khusus untuk hari Jum’at hanya satu mata pelajaran saja.
‘’Kita harapkan hasil UAS ini para siswa memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), yang mana tiap mata pelajaran distandarkan minimal nilai rata-rata 7,0. Jika standar nilai itu tercapai insyaAllah mereka bisa lulus,” pungkasnya.top)

0 komentar:

Posting Komentar