Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 13 Mei 2013

STKIP Bangko Miliki Ribuan Koleksi Buku





PERPUSTAKAAN : Salah satu mahasiswa tengah memilih buku di Perpustakaan STKIP

BANGKO-Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Yayasan Pendidikan Merangin (YPM) Bangko, yang merupakan salah satu Perguruan Tinggi  besar di Kabupaten Merangin. Terus meningkatkan keeksistensinya ditengah masyarakat Merangin dan Jambi Wilayah Barat pada umumnya.
        Tentu saja kelangkapan fasilitas merupakan salah satu factor yang sangat diperhatikan perguruan tinggi paling tua di Merangin ini, dalam upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran terhadap mahasiswanya. Salah satunya yakni penyediaan gudang ilmu atau perpustakaan.
Saat ini perpustakaan STKIP Bangko memiliki  ribuan koleksi buku dan tergolong cukup lengkap, hal tersebut sebanding dengan tingginya minat baca mahasiswa. Seperti diungkapkan kepala Administrasi Perpustakaan STKIP, Mulkan. Dirinya mengaku cukup kewalahan melayani mahasiswa yang ingin meminjam buku. Sedangkan untuk buku tertentu yang jumlahnya sedikit, disiasatinya dengan membatasi waktu peminjaman.
‘’Untuk buku-buku tertentu yang jumlahnya sedikit dan peminatnya banyak, kita siasati dengan pembatasan waktu peminjamannya. Jika biasanya satu minggu, maka buku-buku tertentu  kita batasi selama tiga atau empat hari,” katanya.
Kondisi tersebut, menurut Mulkan biasanya terjadi saat masa ujian, dengan mata pelajaran banyak yang sama otomatis para mahasiswa berlomba mencari referensi pada buku yang sama juga.
Sementara itu, ketua STKIP, Elfa Eriyani mengatakan pihaknya terus berupaya menambah fasilitas buku tersebut. Bahkan dikatakannya baru-baru ini pihak kampus telah memberikan 40 judul buku dengan jumlah 10 eksemplar untuk tiap judul.
‘’Awal tahun 2013 ini kita juga telah menambah 400 eksemplar buku. Dalam waktu dekat juga akan ada penambahan,” tuturnya.
Elfa juga mengatakan, penyebaran perpustakaan ada di tiap program studi (Prodi). Hal itu untuk mempermudah mahasiswa maupun dosen yang ingin mencari referensi.
‘’Tiap prodi juga ada perpustakaan mini khusus untuk prodi itu sendiri. Sementara perpustakaan induk mengoleksi seluruh pelajaran tiap prodi,” tutupnya.(top)

0 komentar:

Posting Komentar