Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 14 Mei 2013

123 Mahasiswa STIKes Ikuti Capping Day



CAPPING DAY : Mahasiswa STIKES Merangin Prodi D-III Kebidanan saat photo bersama.


BANGKO-Bertempat di Aula STIKes Merangin, Senin (13/5) kemarin dilaksanakan ceremonial capping day kepada 123 Mahasiswa angkatan XI tahun ajaran 2012/2013 Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Merangin Program studi (Prodi) D-III Kebidanan.
Tampak hadir dalam acara itu Asisten III Setda Merangin, Sardianus,  Ketua STIKes Merangin, Supeno, Koordinator Kopertis X, Prof Dr Damsar, Perwakilan Dinas Kesehatan provinsi dan Kabupaten Merangin, Sekretaris Yayasan Haji Soeheily Qori, Dandim 0420 Sarko, Para Kepala Badan, Instansi dan Lembaga, Para orang tua mahasiswa serta para dosen dan karyawan STIKes Merangin.
Ketua Prodi D-III Kebidanan, Revi Novita dalam sambutannya mengatakan pelaksanaan capping day merupakan salah satu persyaratan mahasiswa STIKes mengikuti program selanjutnya di kampus tersebut, termasuk didalamnya adalah praktek lapangan.
‘’Ada 123 mahasiswa prodi Kebidanan yang mengikuti capping day. Mereka telah memenuhi persyaratannya,” kata Revi.
Dia menjelaskan, untuk bisa mengikuti capping day tersebut para mahasiswa terlebih dahulu diwajibkan lulus ujian laboratorium Keterampilan Dasar Praktek Klinik (KDPK) dengan predikat nilai minimal B. setelah itu barulah para mahasiswa dipersilahkan mengikuti capping day.
‘’Jika mahasiswa tidak lulus ujian KDPK maka diberikan kesempatan lagi pada tahun depan bersama adik kelasnya,” tuturnya.
Dijelaskannya, prosesi seremonial capping day adalah pemasangan secara simbolis cap (topi) mahasiswa. Disamping itu juga dilaksanakan pengucapan janji Bidan yang mana salah satu poin yang penting adalah tidak mengumbar seluruh rahasia kebidanan dalam konteks klinik dan sistim pengajarannya.
Sementara itu Ketua STIKes Merangin, Supeno dalam sambutannya mengatakan sesuai dengan visi dan misi STIKes Merangin yaitu menjadi institusi yang terkemuka dalam bentuk tenaga kesehatan yang profesional dan berkarakter unggul mampu bersaing di tingkat Nasional tahun 2020. Maka pihak STIKes berkomitmen melanjutkan pendidikan yang tinggi.
‘’Sasaran utama kami adalah dapat menghasilkan lulusan yang profesional mampu menjawab permasalahan kesehatan dalam masyarakat ditunjang dengan lulusan yang memiliki sikap dan moral serta etika yang menjunjung tinggi nilai luhur agama, adat istiadat serta nilai luhur pancasila,” terangnya. (top)

0 komentar:

Posting Komentar