Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 08 Juli 2013

Tanpa Melalui Disdik Merangin, Empat SD Dapat BSM



BANGKO-Bantuan siswa Miskin (BSM) yang biasanya disalurkan melalui dinas pendidikan (Disdik) Merangin, tapi tidak untuk empat Sekolah Dasar di kecamatan Bangko Barat. Empat SD yakni, SDN 62 Bedeng Rejo, SDN 116 Pulau rengas, SDN 4 Pulau Rengas I, dan SDN 75 Pulau Rengas III, justru berhasil mendapatkan bantuan dana pusat, dengan bantuan salah satu partai politik. Dari empat SD tersebut, tercatat 246 orang siswa SD yang medapat bantuan. Untuk satu orang siswa dibantu Rp. 360 Ribu.

Kepala SDN 62, Rosmiana ketika dikonfirmasi mengaku adanya aliran dana BSM itu kesekolahnya.  ‘’Saya terkejut ketika mendapatkan informasi bahwa sekolah saya akan menerima BSM sebanyak 132 orang siswa. Padahal sebelumnya saya tidak pernah mendata siswa sebanyak itu. Data yang pernah saya berikan kepada Disdik sebanyak 15 orang siswa dan yang cair hanya ada satu orang siswa saja,” katanya.
Hal senada juga diungkapkan kepala SDN 75, Suherman. Dia mengaku ada 24 orang siswa disekolahnya yang menerima BSM tersebut tanpa sepengetahuannya. 
‘’Terus terang saya heran kenapa bisa mendapatkan dana BSM itu. Tapi senang juga karena bisa membantu siswa kami yang membutuhkan. Data nya juga valid dengan keadaan siswa,” tuturnya.
Kepala SDN 116, Yuswan juga mengatakan dengan adanya BSM tersebut bisa membantu 61 orang siswa disekolahnya yang termasuk kategori miskin.  ‘’Pada intinya kami pihak sekolah senang,” kata Yuswan.
Sementara itu baik Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Bangko Barat, Yulisman, mengakui penyaluran dana BSM tersebut tidak melalui pihaknya. ‘’Memang ada kabar seperti itu, tapi dananya tidak disalurkan dari kami. Jadi kami tadak tahu,” ungkapnya.
Kasi Pembinaan SD, Cecep Arken, juga mengaku tidak tahu terkait adanya BSM yang disalurkan tampa melalui Dinas Pendidikan. ‘’Saya belum tahu laporan itu, nanti saya selidiki,” ungkap Cecep.
Sementara itu, Titin Marleni, salah seorang kader Partai Politik di kecamatan Bangko Barat, membeberkan sumber dana BSM tersebut. Menurutnya, dana itu diusulkan beberapa waktu lalu, melalui salah seorang anggota DPR RI dari Partai PDI Perjuangan. ‘’Saya yang mengusulkan datanya dulu. Nanti akan disalurkan ke siswa penerima,” pungkasnya.(top)

0 komentar:

Posting Komentar