Diberdayakan oleh Blogger.

Minggu, 07 Juli 2013

MOPDB SMKN 2 Libatkan TNI | MOS TA 2013/2014


BARIS : Dua Anggota TNI saat melatih siswa baru SMKN 2 Merangin, Jumat (5/7) kemarin

BANGKO-Kegiatan Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPDB) di SMKN 2 Merangin melibatkan anggota TNI. Pelibatan ini adalah untuk mengajarkan siswa baru disekolah yang terletak di kawasan Desa Mentawak itu berlatih Peraturan Baris Berbaris (PBB).
Salah satu anggota TNI Serma Sibarani, mengatakan banyak makna yang bisa diambil saat PBB diantaranya adalah peningkatan disiplin siswa dan kekompakan.
‘’Baris-berbaris merupakan latihan gerak dasar yang diwujudkan dalam rangka menanamkan disiplin pribadi maupun disiplin kelompok,” katanya.

Selain itu, ditambahkannya rasa tanggung jawab, kesatuan dan persatuan, kekompakan dan rasa kebersamaan, penampilan pribadi yang baik secara perorangan maupun kelompok juga akan tercipta.
Menurut Sibarani, Oleh pihak sekolah melibatkan TNI dalam kegiatan MOPDB atau MOS rutin dilaksanakan tiap tahunnya. Hal itu karena dengan melibatkan Anggota TNI maka diharapkan siswa baru bisa lebih meningkatkan pendisiplinan diri.
‘’Yang jelas tiap tahun biasanya kami diundang untuk mengisi materi atau mengajarkan siswa baru. Bukan disekolah ini saja, disekolah lain juga ada materi dan praktik PBB ini,” ujarnya.
Diinformasikannya, untuk melayani pihak sekolah yang membutuhkan jasa itu, dia beserta anggota lainnya telah mengatur jadwal dan berbagi tugas sehingga tiap sekolah akan terisi sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.
Sementara itu, anggota TNI lainnya, Pelda Ponimin mengatakan materi yang diajarkan kepada siswa baru hanya dasarnya saja. Namun tetap dibumbui dengan tingkat pendisiplinan yang tinggi.
‘’Kami hanya mengajarkan dasar-dasar PBB, juga menanamkan sikap disiplin. Dan kami harap pondasi kedisiplinan mereka tetap kuat terjaga,” pungkasnya.(top)

0 komentar:

Posting Komentar