Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 23 Agustus 2013

Produk Siswa SMKN 1 Merangin Layak Jual



SMKN 1 : Kepala SMKN 1 Merangin, Asnaf Saat Menunjukkan Hasil Produk Siswa SMK.
BANGKO-Sebagai sekolah kejuruan, SMKN 1 Merangin terus berupaya mengembangkan ilmu pendidikan dan melengkapi sarana penunjang kesuksesan siswa untuk melaksanakan praktik kerja tiap jurusan dan juga SMKN I Merangin mulai menghasilkan produk sendiri yang layak jual sejajar dengan produk ciptaan lain.
Kepala SMKN 1, Asnaf mengatakan ada berbagai produk yang dihasilkan oleh siswa yang tidak lepas dari bimbingan para guru seperti spanduk Indoor, Sablon Mug (gelas) dan Piring, Pin, Kartu Nama, Kalender dan lainnya.

‘’Telah banyak produk yang kami hasilkan dari alat yang kami punya itu,” kata Asnaf, Kamis (22/8) kemarin.
Asnaf tidak menampik jika alat sekolah digunakan untuk kepentingan bisnis. Menurutnya hal tersebut justru membuat siswa lebih terampil dan memacu semangat siswa untuk melakukan bisnis setelah tamat dari sekolah karena pekerja adalah siswa siswi sekolah itu sendiri.
‘’Sesuai moto kita adalah SMK Bisa, dengan berlakunya hal membisniskan alat tersebut maka ada dua keuntungan. Siswa bisa lebih terasah skill nya dan lagi bisa membantu uang jajan siswa,” jelasnya.
Soal harga, diungkapkan Asnaf dipastikan lebih murah dari harga pasaran. Dia juga menyatakan bahwa telah ada beberapa order dalam skala besar yang diterima pihak sekolah.
‘’Sejak memiliki mesin cetak kami telah menerima beberapa order baik dari masyarakat maupun sekolah lain seperti pin, sablon mug, baju kaos, spanduk indoor yang semuanya dikerjakan secara profesional,” jelasnya.
Dijelaskannya, tenaga pengajar yang bisa mengoperasikan mesin sudah profesional. Namun yang menjadi kendala saat ini karena alat yang diterima pihak sekolah bersifat bantuan hibah dari pemerintah sehingga kuantitas produk tidak bisa maksimal.
‘’Kalau kualitas produk yang dihasilkan sesuai standar. Tapi kuantitas yang dihasilkan masih belum bisa maksimal. Artinya kami tidak bisa terlalu banyak menerima order. Jadi ada batasannya,” ujarnya.
Atas keberhasilannya ini, dikatakan Asnaf SMKN 1 Merangin akan menjadi salah satu SMK binaan dari provinsi Jambi. Hal itu menurut Asnaf sangat membanggakan dan secara pribadi dan sekolah dirinya menegaskan siap.
‘’Penunjukan itu sangat membanggakan dan saya beserta para guru telah melakukan rapat dan hasilnya kami siap menjadi SMK binaan Provinsi. Semua itu tidak lepas dari keinginan kami agar masyarakat Merangin khususnya siswa SMK ini bisa menerapkan skill mereka ketika tamat dari sekolah,” pungkasnya.(top)

0 komentar:

Posting Komentar